MIGANI MENE: KATAKAN TIDAK PADA SAPUSA


Katakan Tidak Pada Sapusa, Berarti Tidak Ikut Menyanyi Sapusa, Tidak Me - Rekam lagu – lagu Sapusa entah di Hendphone, di Laptop maupun di alat bantu lain - nya.
Kawan – Ku Sebelum Kau Merubah Diri Sendiri, Jangan Harap Kau Mau Rubah Diri Orang Lain. Bagimana kau mau mengajak Orang Lain Untuk Katakan “Tidak Pada Lagu Sapusa”, Sedangkan Kau Sendiri Masih Cinta Lagu Sapusa dan Ikut Menyanyi, Merekam dan Melakukan - nya. 

PERUBAHAN Itu di Mulai Dari Diri Pribadi dan ke Kelompok, maka di sana akan Tercipta Suatu Perubahan.

Kawan – Ku,…. Sadarlah,….Bahwa;
TUHAN ALLAH Menempatkan setiap SUKU di setiap Dearah dengan budaya mereka masing – masing. Demikian juga Budaya SUKU MIGANI di Tanah Migani.  Budaya Migani di berikan TUHAN ALLAH kepada nenek Moyang Migani untuk di teruskan dari Generasi ke Generasi. 
Ataukah,.? Nenek Moyang Migani pernah belajar kah,..??? Mengenai bagimana cara buat Rumah,.?  bagimana cara menyanyi,.? Bagimana cara buat Kebun,.? Bagimana Cara Buat Cawat dan Koteka,.?  dan cara – cara lain – lain,..!!! Penulis rasa TIDAK,..!!! karena  Budaya itu di berikan Cuma – Cuma dari TUHAN ALLAH kepada Tiap – Tiap SUKU di setiap daerah dan wilayah Untuk di Teruskan dari generasi ke generasi.  

Mulai Saat Ini Generasi Harus Sadar Akan Hal ini, Karena Cara yang selalu digunakan oleh neo- kolonial di belahan dunia  mana saja adalah bagimana meng - Hancurkan Budaya Kaum Pribumi.  Ketika budaya Kaum Pribumi sudah dihancurkan, maka “Jati Diri” sebagai orang pribumi terhilang; jika ini yang terjadi, maka Dasar Pijakan ter - Hilang, Hancur dan kehilangan Arah Hidup, setelah budaya dihancurkan dan dimusnahkan oleh Neo - Kolonial,  maka neo- kolonial “Akan Menguasai Tanah dan Kekayaan Alam Kaum Pribumi”.  Begitu tanah dan kekayaan alam sudah di Kuasi oleh Neo- Kolonial, maka habis juga kaum pribumi di atas tanah leluhur mereka.

Kawan – ku,…Bukalah Mata – Mu dan Lihatlah,...!!!

Rumah Adat Suku Migani; Foto; Martinus Nayagau
Budaya Migani Saat ini Terkikis dengan Sendiri - nya dan Mulai Punah dari Bumi Intan Jaya. Jika Generasi Saat Ini Tidak Sadar Akan Hal ini, maka Budaya Migani Akan Punah dan Punah dari Bumi Intan Jaya. 

Kebenaran Dapat di Salah - kan, Tetapi Tidak Dapat Di Kalah - kan, Karena Kebenaran Tetaplah Kebenaran




SALAM PERUBAHAN,…!!!
APA YANG ENGKAU TABUR KINI, ENGKAU AKAN MENUAINYA