MENGENANG SEJARAH MASUKNYA INJIL DI TANAH WEST PAPUA




*) Misael Maisini

 WEST PAPUA_Disuatu saat saya jalan_ jalan di suatu pedesaan.
Kebanyakan umat disana menganut agama kristen dan islam bagi para migran indoneaia.

Saya berjalan langka demi langka lalui jalan itu, disana ada beberapa umat muslim yang hendak ke mesjid.
Saya mendengar mereka berbisik begini; "aduhhhhh yah Aullah kami takut dan takut kalau Papua Merdeka. Tolong kami supaya Papua Jangan merdeka, karena kami tidak punya tempat tinggal.

Tempat kami hanya satu_satunya di Papua ini. Kami mau bantu orang Papua untuk berjuang menuju papua merdeka juga nanti Negara Indonesia bilang kami penghinat bangsa indoneaia, yahh Aulla Tolong kami supaya Papua Jangan Merdeka".

Saya pun tersenyum dan melanjutkan perjalanan saya.
Disana saya melihat umat Kristen Migran yang hendak ke Gereja.

Mereka juga berbisik begini;
" Yahh TUHAN YESUS Tolong Kami supaya Papau Jangan Merdeka, Karena Kami DIANGGAP PENGHIANAT OLEH BANGSA INDONESIA, SEHINGGA KAMI TIDAK BISA BANTU SAUDAR KAMI UNTUK BICARA PAPUA MERDEKA".

Saya pun berjalan trusss sambil menuju beberapa umat Katolik yang hendak ke Gereja tua di kampung itu.
Saya berjalan pelan_pelan bersama mereka. Saya melihat mereka mengegem ROHSARIO Sambil berbisik begini; " Yahh TUHAN ALLAH Kami tidak mau kalau Orang Papua Merdeka, Karena kami tidak punya tempat tinggal dan kami anggap Papua tempat kami dan tanah kami. kami mau menolong orang papau untuk bebas dari PENJAJAHAN INDONEAIA, TAPI NANTI INDONESIA BILANG KAMI PENGHIANAT, MAKA KAMI HANYA DIAM DAN MENONTON PENJAJAHAN INI".

Saya tidak jadi masuk ke Gereja, karena disana Hanya Kaum Migran yg penuhi gereja. Saya pun melanjutkan perjalanan, di sana saya melihat Anak Negeri Sedang Pesta Pora dengan berbagai hal dan mereka berkata begini;" Kemerdekaan West Papua Nanti Turun Dari Langit".

ANEHHH...!!!

Orang Migran di West Papua Berdoa supaya Papua Jangan Merdeka, Sementara Anak Negeri West Papua PESTA PORA DI ATAS TULANG_BELULANG PARA PENDAHULU.

MARI KITA RENUNGKAN BERSAMA...!!!

Hari ini, Senin Tanggal Lima Februari Tahun Dua Ribuh Delapan Belas.
Dari tanggal 5 Februari tahun 1855 sampai dengan tahun 2018 ini, kira_kira berapa Usia INJIL DI TAHAN WEST PAPUA???

Maaf saya juga tidak tahu hitung_ menghitung, jadi tidak tahu sudah berapa Tahun INJILN DI TAHAN WEST PAPUA???
* * * * * *

Menurut beberapa sumber, Injil Masuk di Wasior Mansinam West Papua pada tanggal 5 Februari tahun 1855. Makanya saat ini di seluruh tanah West Papua ada LIBURRR Nii.
* * *
Menurut SEJARAH Orang di bumi West Papuan Akan Bangkit dan Memimpin Diri Mereka Sensiri.
Dibawa ini merupakan PERADABAN BANGSA WEST PAPUA Yang Di NUBUATKAN Oleh Pendeta Izaac Samel Kijne.

" Di atas batu ini, saya meletakan peradaban orang papua. sekalipun orang memiliki kepandaian tinggi, akal budi dan marifat tetapi tidak dapat memimpin bangsa ini, bangsa ini akan bangkit dan memimpin dirinya sendiri ". ( Pendeta Izaac Samuel Kijne Wasior, 25 Oktober 1925).
LUAR BIASA NUBUAT INI, Bangsa Ini Akan Bangkit Dan Memimpin Dirinya Sendiri.

***

Apakah kita Manusia West Papua di Bumi West Papua Akan BANGKIT...!!!
Atau sebaliknya KITA MENJADI PENJAJAH YANG GANAS Untuk MENJAJAH Sesama Manusia West Papua???

TERSERALAH....!!!